TOKO KUE ONLINE
Haiii, Selamat Datang....
Terimakasih sudah mampir ke sini....silahkan dilihat-lihat semoga berkenan....

Untuk pemesanan :
Hub : nenis - 083891120808
Website : http://nenis-yasminecake.blogspot.com/ Email : yasmine.cakes@gmail.com

Produk andalan :
si KELING ~ BROWNIES KUKUS GULUNG HITAM
BF Kukus ~ BLACK FOREST KUKUS

Juga menerima pesanan aneka cake :
Wedding Cake, Birthday Cake, Cake Hantaran Pengantin atau Hari Raya, aneka dekorasi cupcakes, Black Forest Kukus..dll, yang didekorasi spesial untuk acara anda dan keluarga......

Kamis, 29 Januari 2009

Nostalgia Kuliner (1)

pemandangan indah... gunung gede, didepan rumah bapak saya..


Cianjur.

Kota kelahiran saya.....yang sejuk & nyaman... dan selalu saya rindu....
Rasanya sudah ngga asing lagi yah....soalnya, kalo yg biasa JJS weekend ke Puncak,pastilah ngga akan melewatkan mampir ke kota ini...Cipanas & Cianjur...
Kalo untuk luas dan jmlh penduduk na mah saya kudu tanya2 dulu yah sama pemdanya...hehehe

Yang pasti na mah...kalo JJS ke Cianjur, kudu and wajib balanja manisan buah....moci, tauco nya...atau sele ca'u (pisang), kiripik pisang.....atau roti gambang....
roti gambang? iyaaa......sepanjang jalan Cokroaminoto, dipenuhi oleh usaha roti rumahan...
atau yang mau makan sate....cobain dulu sate marangi dari Cianjur...dijamin nambah!....ee....saya ngga manas2in lho....sate dimakan sama ulen bakar plus sambel ulukutek oncom yang puedesss...... alamaaak.....maknyoooss ! (niru pak bondan ah...hehehe)
yang mau icip2 manisan....ada manisan mangga, salak, ceremai, lobi2, belimbing wuluh, komplit!!!
Ngga susah koq....karena sepanjang jalan di Cianjur...setelah melewati tikungan Tapal Kuda, hampir dipenuhi oleh toko2 manisan itu...


Nasi Timbel ala Nenek
Nah....didaerah tikungan tapal kuda yg terkenal dengan jurangnya yang dalam ini,disitulah keluarga kakek and nenek dari bapak saya tinggal....
kenangan masa kecil saya saat ini terasa menari2 kembali di depan mata....alm. kakek (Moch. Enoch bin H. Ismail) yang biasa saya panggil Apa,
adalah pensiuan departemen penerangan sejak jaman belanda. Kakek orangnya sangat pemberani ditunjang denga postur badan dan facenya yg mirip orang belanda...
Masih ingat saat kakek ngajak saya ke kebun cengkeh waktu panen....
Aroma cengkeh yg harum segar....dan bunga2 cengkeh yg ranum kemerahan....membuat saya ngga pernah lupa suasana panen cengkeh yg khas itu....
Cengkeh2 yg sudah dipetik, disortir manual....lalu dijemur hingga kehitaman dan kering jadinya harum...

Nah kakek punya saung kecil...tempat shalat dan beristirahat makan siang didekat sawah and kebunnya....didekat saung itu ada kulah (kolam) yang airnya jerniiiiih nih nih nih...pokokna jernih dan diingin!kadang oleh Nenek saya ditanami selada air...kadang disebar benih ikan mas....
Nah ngomong2 soal alm.nenek, beliau jago nya masak...beneran lho...saya masih ingat waktu nenek membuatkan nasi timbel kesukaan saya....hihihi...kecil2 makanannya dari dulu udah nasi timbel nih.....! cieee...! hehehheeiit....nanti dulu...ini bukan nasi timbel sembarang nasi timbel....pantas donk saya bangga....soalnya...nenek mengolah si nasi timbel ini benar2 special...mau tau caranya??? walau udah puluhan tahun lewat, tapi saya masi ingat lho...heheheNenek menanak nasi itu diatas hawu...sejenis tungku dari batubata yg bahan bakarnya dari suluh (kayu pohon)
jadi ngga pake minyak2an....berasnya? yah jelas lah....beras cianjur asli...!! hehehehe wangi pandannnnnn.....hmmmm..
nah, setelah nasinya matang, pas panas2....nenek mindahin nasi dari kukusan ke sangku nasi yang terbuat dari batang kayu yg besar, dibentuk seperti mangkok raksasa, nenek menyebutnya Dulang.
nah di dalam dulang ini nasi dikipasi sampai uap asapnya berkurang...trus nenek menaburi sedikit garam.....diaduk2...lalu nasi digulung didaun pisang yg telah dilayukan...dibuat seperti lontong, bulat besar..lalu daun pisang di ujung2nya dipilin kayak permen...jadi deh...nah lauknya :
1. ikan mas goreng yg garing ukuran kecil2 diberi bumbu garam+bw putih+ketumbar...garing sampe kepalanya..kriuuk!
2. sambal terasi...(cabe rawit segar, terasi bakar, gula merah dilulek),
3. Ketimun utuh yg segar
Hmmm.....saya masi terbayang2 nikmatnya makan nasi timbel panas2 bikinan nenek ini...apalagi makannya disaungnya kakek...walau kadang saya juga sekarang suka icip2 nasi timbel diberbagai rumah makan khas sunda...tetep! bikinan alm.nenek saya ini
topnya!.......hehehehehe....

Gulai kepala kambing utuh!
Bapak saya punya kakak, alm.Hidayat...tinggal di desa Cibeureum, setelah kota Cipanas...Sewaktu beliau masi ada, bapak saya ngga pernah absen silaturahmi tiap Idul Fitri ke sana. Istrinya uwa saya ini jago masak gulai.
Andalannya Gulai kepala kambing utuh...! wuuuihhh...! utuh booo..!! iya beneran!!Jangan ditanya rasanya....ueeeenak eeee....!!! dimakan sama ketupat potong....Jadi dimeja makan itu kepala kambing diserbu rame2.....nyam...nyam....mungkin karena dulu saya masih kecil....enak2 aja tuh saya menyantapnya..
ga tau deh kalo sekarang mah...hehehehe....kepala kambing gitu lho...!!
Sayang, sejak uwa tiada, ngga pernah lagi saya disuguhi gulai kepala kambing utuh ini....hiks...kangen deh...
Trus saya juga ngga tau bumbunya apaan nih...makanya ngga bisa kasih bocoran nih disini... ;o))

Rujak songsong bambu
Nah rujak ini unik....makanan saya semasa kecil juga,kakek membuatkan cobek rujak ini dari bambu....jadi bentuknya pipa bambu, ulekannya dari bambu juga...bumbu rujak+buah lobi2 + buah lainnya yg sudah di potong kecil2, dimasukan ke song2 bambu ini...trus dibejek2 sama gagang bambunya
cara makannya? rujak yg udah hancur, tinggal emut2 sama gagang bambunya...!
hahahaha...!! asyik banget deh

Cengkaruk
Saya ngga tau kenapa namanya cengkaruk...sejenis raginang tapi dikasih lumeran gula merahIni makanan tradisional sejak jaman baheula....la la.la...hehehe
Alm. mamah saya juga suka membuatnya, seingat saya begini :


Bahan :
Nasi kering yg telah dijemur...tapi bukan nasi basi lho....
Gula merah dilarutkan dengan air sedikit agar kentalminyak untuk menggoreng

Cara membuat :
nasi kering digoreng hingga mekarlalu dimasukan kedalam adonan gula merah diatas kompor...aduk rata..angkatbentuk menjadi bulatan2 seperti raginang....hmmm enak...


Kalua Kulit Jeruk Bali
Naaaah....ini dia makanan yang udah hampir punah.....alias udah jarang banget yg bikinnya
Entah knapa pohon2 jeruk bali didaerah Cianjur udah hilang yah......
Dulu didepan rumah nenek memang tumbuh pohon jeruk bali yg besar....
sering berbuah...buahnya kemerahan dan manis...untuk memanfaatkan kulitnya selain dibuat mainan mobil2an cucu2nya....juga dibuat kalua ini
Kalua dari kulit jeruk bali ini sejenis manisan kering berbalut karamel (gula)


Bahannya :
Setelah kulit luar yg hijaunya dikupas, nah bagian putih yg kayak busanya diiris segitiga kecil2
trus dimasukan kedalam adonan gula merah+gula putih yg sudah cair....aduk2....
cairan gula akan terserap ke dalam, dan setelah diagin2kan akan mengeras
dan jadi deh manisan kering kalua...


nama kalua sendiri, kalo saya analisa...hehehe....mungkin artinya adalah makanan yg dicampur ke adonan gula...bisa gula merah yah bisa juga gula putih.....


Ngga disangka....rasa kangen saya sama kalua kulit jeruk bali bikinan alm.nenek ini bisa saya temukan di daerah wisata Ciwideuy....Bandung....yang ke arah Situ Patengang...
tempo hari saya JJS ke sana...disitu ada banyak warung2 jualan makanan khas...termasuk kalua....ada kalua jeruk, kalua pepaya, kalua kacang...dengan warna2 yg lebih ngejereng....tapi setau saya, aslinya yah warna gula aja...
(kapan2 saya foto in yah...bentuk si kalua jeruk bali ini....)


Petis Sayur dan Petis Gedang
Petis ini beda lho sama Petisnya daerah jawa timuran sana...kalo diJatim kan petis sejenis terasi cair
Petis di daerah Cianjuran ini artinya asinan atau rujak....ada 2 jenis petis....
1. Kalo petis sayur : terdiri dari campuran irisan kol, toge, ketimun di iris tipis, irisan tahu bandung mentah, ditambah taburan kacang goreng yg masi ada kulitnya...kuahnya dibuat kuah cuka....tapi cukanya bukan cuka yg diwarung2 itu yah...cukanya namanya cuka kawung....dibuat dari air pohon kawung/pohon aren....wangi khas kawung dan asemnya suuueeger....
2. Kalo petis buah : irisan tipis buah gedang/pepaya mengkel/muda dicampur ke adonan rujak yg pake gula merah...rasanya khas pepaya...


mau coba????? gampang banget lho bikinnya...

(bersambung yah.....ntar kepanjangan hehehhe.....)

Tidak ada komentar: