TOKO KUE ONLINE
Haiii, Selamat Datang....
Terimakasih sudah mampir ke sini....silahkan dilihat-lihat semoga berkenan....

Untuk pemesanan :
Hub : nenis - 083891120808
Website : http://nenis-yasminecake.blogspot.com/ Email : yasmine.cakes@gmail.com

Produk andalan :
si KELING ~ BROWNIES KUKUS GULUNG HITAM
BF Kukus ~ BLACK FOREST KUKUS

Juga menerima pesanan aneka cake :
Wedding Cake, Birthday Cake, Cake Hantaran Pengantin atau Hari Raya, aneka dekorasi cupcakes, Black Forest Kukus..dll, yang didekorasi spesial untuk acara anda dan keluarga......

Jumat, 30 Januari 2009

Nostalgia Kuliner (2)

Kalo di bagian 1, saya cerita kenangan keluarga Kakek dari bapak,
nah ini saya akan membuka kenangan kuliner dari keluarga Nenek dari alm. mamah saya

Alm. Nenek yang biasa kita (cucu2nya) panggil Emma...adalah seorang pedagang beras terkenal dikota Ciranjang -Cianjur
Istilah jaman dulu mah...saudagar be'as (beras)....karena sudah tersohor namanya...
Ngga tanggung2...beras yg dijual Emma ini beras kualitas no.1 Cianjur....namanya Pare Gede..
si Pare Gede ditanam Emma disawahnya sendiri....
dan hanya kalangan tertentu saja yg pesan beras jenis ini, karena memang harganya mahal...Top deh si Pare Gede!

Anak2nya Emma banyak...ada 9 orang dan alm. mamah saya adalah yang ke 5.Banyak anak..mambuat nenek saya punya resep2 tersendiri dalam menyajikan masakan...istilah sekarang mah....resep praktis buat wanita karier....ciieeee.....!! hahahaha....gaya !lha iya donk kan Emma saya juga wanita karier....juragan beas tea atuuuh !! hehehehe........hiks jadi kangen sama Emma...

Goreng Nila (Entok)
Nila/Entok sejenis bebek yg kadang saya menyebutnya sibebek megol...hehehe....soale jalannya megal megol....
Nenek sengaja beternak Nila ini...walau ngga terlalu banyak...
Ngurusnya gampang2 aja...si Entok/Nila ini dilepas dikebun aja....trus dikasih makan dedek....
Tiap Idul Fitri....nenek ngga pernah absen nyuguhin goreng entok ini buat seluruh keluarganya
Daging nila goreng ini empyuuuk deh...dan gurih
Masi inget bumbu yang dipakai nenek :
1 Ekor nila dicuci bersih, lalu diolesi bawang putih halus dan garam....aduk2...diamkan kurleb 1 jam..lalu goreng dengan minyak panas.....hmmm.....dimakan panas2 sama nasi panas juga, plus sambel tomat goang (cabe+tomat+bw merah+bw putih dioseng sebentar, lalu diulek)
Entah kenapa goreng nila koq kurang populer yah?
orang banyak jualnya goreng bebek or goreng burung or goreng ayam...

Sambel malanding
Malanding atau Petai Cina ternyata bisa juga dibuat sambel
Nenek saya sering membuatnya kadang buat nemenin goreng nila itu
Bahannya mudah, buah petai cina yg masih muda banget (pentil) di ulek kasar dengan cabe+garam....jadi deh..
Rasanya unik dan khas petai cina....sepet2 pedes.....dimakan sama nasi yg pulen dan panas2 pula.....Aduuuh.... jadi kangen nih sama sambel malandingnya Emma.......

Lantak Cau (Pisang)
Kebetulan Nenek saya ini punya kebun pisang yg lumayan banyak...sering berbuah lagi
Saya kalo habis dari sana, selalu dikasih oleh2 Lantak Pisang (Keripik Pisang)
Cara membuatnya :
Ambil pisang yg setengah mengkel...mendekati mentah deh..tapi udah berisi...(tapi saya lupa jenis pisang yg nenek petik)
trus diparut pake parutan untuk keripik....jadinya pipih2 panjang...rendam kurleb sebentar dengan air kapur sirih.....biar getahnya bersih...trus....digoreng deh sampai kering..........kriiuukk !!


(bersambung.....lagi yaaah...hehehe)

Tidak ada komentar: